Pemerintah Kota Pangkalpinang berencana akan memasang sejumlah unit hidran di beberapa titik keramaian sebagai langkah cepat dalam mengantisipasi kebakaran.

"Pemasangan hidran ini sebagai upaya pemerintah kota dalam meningkatkan kesiapsiagaan untuk melakukan penanganan cepat saat terjadi kebakaran," kata Pj Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama, Senin (23/9).

Selain itu, Ia juga melihat bahwa hidran yang telah terpasang di beberapa titik tampak sudah tidak layak dan karatan sehingga perlu adanya pergantian.

“Nanti kami akan memberikan sedikit inovasi kecil, kita akan memasang hidran untuk pemadam kebakaran yang dulunya sudah karatan di jalan. Jadi masyarakat yang melihat hidran yang karatan sampaikan ke kami akan kita ganti,” ungkapnya.

Sebagai informasi, hidran merupakan sistem proteksi kebakaran yang menggunakan air bertekanan sebagai medianya. Sistem ini biasanya digunakan untuk memadamkan kebakaran skala besar

Budi mengungkapkan pemasangan hidran akan bekerja sama dengan Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Pinang. Rencananya pemasangan akan dilaksanakan mulai 1 Oktober mendatang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.

“Ini bekerja sama dengan PDAM untuk memasang hidran karena beberapa kali kebakaran kita selalu kesulitan dalam mobilisasi terlalu jauh untuk mengambil air jadi sehingga percepatan untuk pemadam api pemadam kebakaran itu agak lumayan terhambat," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024