Pj Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa meminta pasangan calon bupati dan wakil bupati Belitung menghindari kampanye hitam, guna menjaga kondusifitas daerah selama pelaksanaan Pilkada 2024.

"Mari kita ciptakan Pilkada Belitung 2024 yang damai serta bebas dari pemberitaan hoaks dan kampanye hitam yang mengarah ke unsur SARA," katanya dalam acara Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024 di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, kampanye hitam dan sejenisnya bisa berpotensi menimbulkan perpecahan dan menimbulkan situasi yang tidak kondusif di lingkungan masyarakat.

Ia mengatakan, kondisi wilayah yang aman dan kondusif selama berlangsungnya tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 menjadi tanggungjawab bersama semua elemen masyarakat.

"Kegiatan Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024 ini saya pikir sangat strategis dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada 2024," ujarnya.

Maka dari itu, lanjut dia, kepada semua pasangan calon bupati dan wakil bupati Belitung Pilkada 2024 beserta tim pemenangan yang terlibat dalam pelaksanaan kampanye diharapkan dapat berkampanye dengan mematuhi aturan dan ketentuan perundangan yang berlaku.

"Mari laksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan sebaik-baiknya demi suksesnya dan lancarnya pelaksanaan Pilkada 2024," katanya.

Menurut Mikron, pelaksanaan kampanye Pilkada Belitung 2024 yang damai adalah manifestasi dari kedewasaan dalam berpolitik.

Untuk itu, semua pihak diharapkan dapat menjaga keamanan dan situasi kondusif di lingkungan masing-masing guna kelancaran pelaksanaan Pilkada Belitung 2024.

Dengan demikian, naskah kampanye damai yang telah diucapkan atau diikrarkan oleh masing-masing pasangan calon dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan kegiatan kampanye nanti.

"Kalau sudah mendeklarasikan artinya sudah tertuang dalam pikiran dan dideklarasikan dalam pelaksanaan kampanye nanti karena saya rasa ini penting dalam mewujudkan keamanan dan kelancaran Pilkada 2024," ujarnya.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024