Sebanyak tiga pasangan calon Pilkada Belitung 2024 berfoto dengan gaya saling rangkul dalam acara Deklarasi Pilkada Damai 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Belitung.

Ketua Bawaslu Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rezeki Aris Munazar di Tanjung Pandan, Senin mengatakan acara Deklarasi Pilkada Damai 2024 bertujuan guna menciptakan pelaksanaan tahapan kampanye yang damai, bermartabat, beretika, berintegritas, dan berkualitas dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kemarin KPU Belitung sudah menetapkan nomor urut pasangan calon Pilkada Belitung 2024 dan tahapan kampanye juga sudah berjalan," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga merupakan instruksi dari Bawaslu RI bagi daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

"Deklarasi Pilkada Damai 2024 ini adalah instruksi langsung dari Bawaslu RI untuk dilaksanakan bagi daerah di seluruh wilayah Indonesia yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah," katanya.

Menurut dia, terdapat sebanyak 545 daerah yang terdiri dari 37 provinsi, 415 kabupaten, 94 kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2024.

"Deklarasi Damai Pilkada 2024 hari ini adalah momentum besar bagi Bawaslu Belitung," ujarnya.

Dalam acara deklarasi Pilkada Damai 2024 masing-masing pasangan calon berfoto dengan gaya saling rangkul.

Aris berharap, masing-masing pasangan calon Pilkada Belitung 2024 dapat melaksanakan tahapan masa kampanye dengan damai dan senantiasa menjaga kondusifitas daerah.

"Kami berharap masing-masing pasangan calon Pilkada Belitung 2024 dapat menjaga kondusifitas daerah guna menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024," katanya.

Ia juga mengajak agar masing-masing pasangan calon Pilkada Belitung 2024 dapat berkampanye dengan riang dan gembira bukan malah sebaliknya dengan ujaran kebencian, saling menjatuhkan, maupun berita bohong.

"Berkampanyelah dengan gembira dan berkampanyelah dengan menjual visi dan misi ada sebanyak 139.000 orang pemilih yang ada di Belitung tersebar di 301 TPS," ujarnya. 

​​​​​Pilkada Belitung 2024 diikuti oleh sebanyak tiga pasangan calon nomor urut 1 Djoni Alamsyah - Syamsir, nomor urut 2 Isyak Meirobie - Masdar Nawawi, dan nomor urut 3 MZ Hendra Caya - Sylpana.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024