Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengintensifkan sosialisasi tentang kepemiluan kepada pemilih pemula, untuk meningkatkan partisipasi dalam Pilkada Serentak 27 November 2024.

"Edukasi politik tentang kepemiluan perlu kita berikan kepada para pemilih pemula, agar mereka punya pilihan dan datang ke  mencoblos di TPS sesuai hati nurani," kata Ketua KPU Bangka Tengah Supendi Saputra di Koba, Senin.

Supendi menjelaskan, pemilih pemula atau Gen Z jumlahnya mencapai 40 persen dan potensinya sangat tinggi sehingga perlu diajak untuk berpartisipasi dalam Pilkada 2024.

"Mereka adalah generasi yang belum pernah mengikuti pesta demokrasi sebelumnya, maka perlu diberi pemahaman dan diketuk hati nuraninya untuk berpartisipasi dalam perhelatan demokrasi ini," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada pemilih pemula untuk tidak terlibat politik uang dan memilih berdasarkan visi dan misi pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada 2024.

"Kami juga mengimbau kepada pasangan calon dan partai politik pengusung untuk membantu kami memberikan edukasi politik kepada pemilih pemula," ujarnya.

Supendi mengatakan, saat ini sedang berlangsung masa kampanye pasangan calon yang dimulai sejak 25 September hingga 23 November 2024.

"Zona kampanye sudah kami tentukan, demikian juga titik pemasangan alat peraga kampanye (APK) juga sudah ditetapkan. Kami tentu berharap peserta pesta demokrasi menaati aturan yang ada," ujarnya.

Pilkada Bangka Tengah hanya diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Efrianda dengan nomor urut 01 dan pasangan Adet Mastur-Erlansyah Roskar dengan nomor urut 02.

Algafry yang merupakan calon petahana diusung sejumlah partai politik yaitu Golkar, PDIP, PPP, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan NasDem. Sedangkan pasangan Adet-Erlansyah hanya diusung satu partai politik yaitu Gerindra.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024