Sebanyak 19 peserta meramaikan kegiatan Pasar Tani yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Belitung, Tenny Meireni di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan Pasar Tani periode Oktober 2024 kini kembali hadir untuk masyarakat di daerah itu.

"Alhamdulillah, kami sangat senang sekali karena Pasar Tani DKPP Belitung dapat kembali hadir untuk masyarakat," katanya.

Menurut dia, kegiatan Pasar Tani DKPP Belitung merupakan agenda rutin setiap bulan baik diselenggarakan di halaman kantor DKPP Belitung maupun lokasi lainnya.

"Untuk lokasi pelaksanaan Pasar Tani memang tentatif baik digelar di halaman DKPP Belitung dan juga lokasi-lokasi lain," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan Pasar Tani tidak pernah sepi pembeli karena harga bahan-bahan kebutuhan pokok, sayur, dan bumbu dapur yang dijual lebih rendah dibandingkan harga di tingkat pasar.

"Sehingga kegiatan Pasar Tani selalu diminati, diserbu, dan dinantikan oleh masyarakat," katanya.

Tenny menambahkan, tujuan pelaksanaan Pasar Tani adalah membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

Di sisi lain, kata Tenny Meireni, Pasar Tani juga bertujuan membantu petani meningkatkan pendapatan mereka yang juga menjadi binaan DKPP Belitung.

"Dalam kegiatan Pasar Tani penjual dan pembeli bertemu langsung sehingga tidak ada perantara atau rantai transaksinya tidak panjang lagi," ujarnya.

Dikatakan, selain itu, keunggulan Pasar Tani adalah produk-produk hasil pertanian yang dijual masih segar dan berkualitas baik karena baru saja dipanen.

"Sehingga masyarakat bisa mendapatkan hasil panen seperti sayur yang masih segar sebab baru dipanen dari kebun-kebun petani," katanya. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024