BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang bersama dengan Dinas Koperasi Kota menggelar acara sosialisasi pentingnya mengenai program BPJS Ketenagakerjaan untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Jumat (4/10). 

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pengusaha kecil dan mikro mengenai pentingnya jaminan sosial bagi pekerja mereka, demi meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan kerja di sektor informal.

Pada kegiatan yang dihadiri puluhan pelaku UMKM tersebut, Sahat Monang (Account Representative Khusus) BPJS Ketenagakerjaan Kota Pangkalpinang menjelaskan berbagai manfaat program ini, di antaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), serta Jaminan Kematian (JKM). 

Ia mengatakan, para peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai prosedur pendaftaran, kewajiban iuran, dan cara mengakses manfaat yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu kata Dia, Iuran yang dibayarkan mulai dari Rp20.000/bulan dengan manfaat yang diperoleh apabila terjadi resiko meninggal dunia sebesar Rp42 juta untuk ahli waris dan bisa diberikan tambahan beasiswa sampai ke perguruan tinggi apabila yang bersangkutan memiliki 2 orang anak dengan maksimum biaya Pendidikan sebesar Rp174 juta.

"Dengan mengikuti BPJS Ketenagakerjaan, para pelaku UMKM dapat memberikan rasa aman dan perlindungan bagi pekerjanya. Ini tidak hanya bermanfaat bagi pekerja, tetapi juga bagi pengusaha, karena akan meningkatkan loyalitas dan produktivitas kerja," ujarnya. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang, Abdul Shoheh mengatakan Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting, apalagi buat para pelaku usaha, selain memberikan ketenangan pagi para pelaku usaha, pekerja pun akan bekerja keras tanpa memikirkan rasa cemas.
 
Selain itu, pihaknya juga mengimbau pelaku UMKM untuk memastikan dirinya terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan. Dalam bekerja tentunya tidak bisa terlepas dari risiko yang mungkin terjadi.

”Maka dari itu penting bagi pelaku UMKM, khususnya di Kota Pangkalpinang terdaftar sebagai peserta,” kata abdul.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024