Pangkalpinang (Antara Babel) - Menteri Kehutanan Republik Indonesia (Menhut RI) Zulkifli Hasan memimpin upacara militer pemakaman almarhum Gubernur Bangka Belitung (Babel) Eko Maulana Ali di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pawitralaya, Selasa.

"Sekitar pukul 10.00 tadi, saya mendapat perintah dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mewakili beliau dan seluruh jajaran pemerintah pusat untuk memimpin upacara militer pemakaman almarhum Eko Maulana Ali," kata Zulkifli Hasan di Pangkalpinang.

Dalam sambutannya, Zulkifli, atas nama presiden, pemerintah dan seluruh masyarakat menyampaikan ucapan bela sungkawa dan turut berduka cita atas meninggalnya Gubernur Babel Eko Maulana Ali.

Ia mengungkapkan, almarhum Eko Maulana Ali merupakan sosok pemimpin Babel yang memiliki peran besar dalam membangun dan memajukan daerah itu.

"Upacara pemakaman militer dan persemayaman terakhir di TMP Pawitralaya sudah selayaknya diberikan kepada almarhum karena jasa dan kontribusi yang begitu besar membangun daerah ini," kata Zulkifli.

Menurut dia, almarhum memiliki kepribadian yang baik sehingga patut dijadikan sebagai panutan dan contoh teladan bagi masyarakat dan juga pemimpin di daerah itu.

"Saya sudah mengenal almarhum sejak menjabat Bupati Bangka dan berani bersaksi bahwa almarhum adalah orang baik," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli juga mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di Babel untuk memaafkan kesalahan almarhum baik nyang disengaja maupun yang tidak disengaja.

"Mudah-mudahan amal ibadah almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggal diberi kesabaran dan ketabahan menghadapi musibah ini," ujarnya.

Almarhum lahir pada 26 September 1951 di Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung dan meninggal dunia pada usia 61 tahun.

DR. Ir. Eko Maulana Ali, Msc adalah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung periode 2007-2012 dan 2012-2017. Ia terpilih menjadi gubernur menggantikan Hudarni Rani pada pilgub 2007.

Pada pilkada 2007 ia sempat bertarung dengan mantan Bupati Belitung Timur Basuki Tjahaja Purnama yang kini menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Sebelumnya almarhum pernah menjabat sebagai Bupati Bangka, juga selama  dua periode.

Pewarta: pewarta: Sutan

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013