Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan Imigrasi Corner di Belinyu, Kabupaten Bangka, guna mendekatkan pelayanan keimigrasian di daerah itu.

"Program ini untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan keimigrasian," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto  saat peluncuran Imigrasi Corner di Kantor Camat Belinyu, Selasa.

Ia mengatakan peresmian Imigrasi Corner di Kecamatan Belinyu ini dilakukan melalui penandatanganan rencana kerja sama antara Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka. Kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi untuk mendukung setiap inovasi, terutama inovasi yang dibentuk Divisi Keimigrasian Kemenkumham, yaitu Imigrasi Corner.

"Kalau warga Kabupaten Bangka terutama masyarakat di Belinyu perlu informasi paspor tinggal datang ke Imigrasi Corner, nanti ada agen literasi yang akan menjembatani dan memberikan informasi terkait layanan keimigrasian," ujarnya.

Ia menjelaskan Imigrasi Corner merupakan inovasi yang digagas Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel dalam rangka menghadirkan layanan imigrasi di tengah masyarakat sebagai corong informasi melalui agen-agen literasi yang akan diberikan pengetahuan mengenai keimigrasian praktis, khususnya bagi daerah-daerah yang letaknya jauh dari wilayah kerja Kantor Imigrasi Pangkalpinang.

"Pada peresmian Imigrasi Corner ini, kami juga membuka layanan eazy passport bagi masyarakat daerah ini," katanya.

Kepala Sub-Seksi Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Pangkalpinang Dheka Triandy mengatakan eazy passport adalah inovasi dari Ditjen Imigrasi sejak tahun 2020 yang memungkinkan masyarakat mengurus paspor tanpa harus pergi ke Kantor Imigrasi.

"Dengan eazy passport, kami hadir langsung di tengah masyarakat. Dengan adanya layanan ini, tentunya membuat proses pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat dan efisien," katanya.

Ia menambahkan dalam kegiatan ini, sebanyak 30 permohonan paspor elektronik berhasil dilayani, terdiri atas 18 permohonan paspor baru dan 12 penggantian paspor lama.

"Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan akses dan kenyamanan layanan keimigrasian bagi masyarakat Kabupaten Bangka, terutama di Kecamatan Belinyu," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024