PT Timah Tbk secara resmin menyosialisasikan rencana penambangan di kawasan DU 1584 Perairan Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada masyarakat, guna mengoptimalkan kontribusi untuk negara dan daerah operasional perusahaan.

Kegiatan penambangan yang direncanakan PT Timah Tbk merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk meningkatkan produksi timah, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, bangsa, dan masyarakat.

Dalam pertemuan ini, PT Timah Tbk menyampaikan rencana penambangan yang akan dilakukan di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Perairan Batu Beriga sebagai upaya untuk melakukan optimalisasi cadangan yang dimiliki perusahaan.

Sebagai pemilik IUP di Perairan Beriga, PT Timah Tbk telah memenuhi kewajibannya baik dari aspek legal. PT Timah Tbk dalam melaksanakan proses penambangan terintegrasi mulai dari eksplorasi hingga pasca tambang dengan mengimplementasikan kaidah penambangan yang baik.

Penambangan timah yang akan dilaksanakan di Perairan Beriga akan melibatkan masyarakat dengan pola kemitraan. PT Timah Tbk juga melaksanakan penambangan yang berkelanjutan  dengan mengedepankan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Departement Head Corporate Communication PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan, pertemuan ini merupakan medium informasi kepada masyarakat di lingkar tambang tentang tentang pola penambangan yang dilakukan PT Timah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebagai perusahaan Negara, Anggi menjelaskanPT Timah Tbk mendapatkan mandat dari negara untuk mengelola sumber daya alam timah di wilayah IUP Perusahaan yang berorientasi pada kepentingan negara, pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat lingkar tambang.

"Pertemuan diharapkan menjadi sarana informatif untuk menyampaikan rencana penambangan yang akan dilakukan PT Timah Tbk, serta meminimalisasi kesenjangan pemahaman mengenai kegiatan pertambangan yang bersentuhan dengan masyarakat. Karena aktivitas penambangan yang dilakukan PT Timah untuk meningkatkan kontribusi kepada negara," kata Anggi.

Anggi juga berharap, masyarakat dapat mendukung dan menjaga kondusifitas terkait rencana usaha yang dilakukan PT Timah Tbk. Karena aktivitas penambangan yang dilakukan PT Timah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita berharap masyarakat menjadi lebih paham tentang aturan dan izin pemerintah yang menjadi dasar perusahaan dalam melaksanakan operasi produksinya. Sehingga kita bisa bersama-sama bersinergi untuk menjaga aktifitas penambangan ini dan menjaga kondusifitas dan iklim usaha," katanya

Ia menambahkan, dengan beroperasinya penambangan timah di Perairan Beriga dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, mitra usaha, PT Timah Tbk sebagai pemilik IUP dan Pemerintah.  

"PT Timah Tbk menyadari bahwa kegiatan penambangan membawa tanggung jawab besar, baik terhadap lingkungan maupun masyarakat. Oleh karena itu, perusahaan berkomitmen untuk menjalankan seluruh aktivitasnya dengan transparan, berkelanjutan, dan bertanggung jawab. Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendukung rencana ini demi terciptanya manfaat yang lebih besar bagi daerah dan negara," tandas Anggi.

Pewarta: Tim Humas

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024