Pasangan bakal calon Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung nomor urut 3, MZ Hendra Caya dan Sylpana akan menyiapkan aturan atau regulasi untuk aktivitas pertambangan timah rakyat, sehingga memberikan kepastian kepada masyarakat penambang dalam mencari nafkah.

"Kami berkomitmen untuk memperjelas regulasi terkait pertambangan timah rakyat sehingga masyarakat bisa dengan leluasa bekerja dan mencari nafkah," kata calon Bupati Belitung nomor urut 3, MZ Hendra Caya dalam kampanye dialogis di Sijuk, Rabu.

Menurut dia, tidak bisa dipungkiri sektor pertambangan bijih timah masih menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat.

Ia mengatakan, adanya regulasi ataupun tata kelola pertambangan timah rakyat yang jelas sangat dibutuhkan dan diperlukan dalam memberikan kepastian bagi masyarakat penambang dalam bekerja dan mencari nafkah.

"Meskipun sejak tahun 2015 kebijakan sektor pertambangan itu tidak ada lagi di tingkat kabupaten melainkan sudah ditarik oleh tingkat provinsi dan pusat," katanya yang juga merupakan mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Belitung tahun 2015.

MZ Hendra Caya menambahkan, visi dan misi pembangunan mereka adalah tetap mengedepankan pariwisata sebagai sektor unggulan akan tetapi tanpa meninggalkan sektor tambang.

Dia berpendapat, perlu upaya dan langkah yang bertahap dan tidak bisa sekaligus untuk mengajak masyarakat meninggalkan sektor tambang.

Hal ini dikarenakan sektor pertambangan memiliki potensi besar untuk menyumbangkan pendapatan asli daerah seperti timah, kaolin, dan pasir.

"Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) timah di Bangka Belitung ini sudah menghidupi dan mensejahterakan masyarakat sejak lama," ujarnya.

Disampaikan, salah satu rencana yang disiapkan adalah memulai melakukan hilirisasi produk atau hasil tambang daerah, tidak lagi mengirim bahan mentah ke luar daerah namun berupa barang setengah jadi.

Hilirisasi pertambangan ini, lanjut dia, sesuai dengan arahan dari Presiden Indonesia Joko Widodo.

Selanjutnya mereka akan mewujudkan aktivitas pertambangan yang good mining practice dan ramah lingkungan.

"Solusi hilirisasi pertambangan ini menjadi sektor penopang sama halnya dengan sektor perikanan, pertanian, dan perkebunan untuk menunjang sektor pariwisata sebagai sektor pertama untuk pengembangan dan kemajuan Belitung masa depan," katanya.

Pasangan MZ Hendra Caya dan Sylpana nomor urut 3 di Pilkada Belitung 2024 diusung oleh koalisi partai politik PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, dan PPP.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024