Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menyaman persepsi terkait aturan pelaksanaan kampanye Pilkada 2024.

"Hari ini gelar pertemuan ini dengan tujuan memperkuat sinergisitas dan menyamakan persepsi, terkait peraturan Perundang-undangan pada tahapan kampanye Pilkada 2024 agar tidak menimbulkan permasalahan di lapangan," kata Anggota Bawaslu Kabupaten bangka Barat Budi Santoso di Mentok, Rabu.

Dengan sinergisitas yang kuat antara seluruh elemen masyarakat, pemangku kepentingan, penyelenggara dan petugas pengawas diharapkan segala tindakan yang diambil di lapangan bisa berjalan dengan baik dan pelaksanaan pemilihan kepala daerah berjalan damai, aman, dan tertib.

"Dengan kerja sama yang baik dan adanya persepsi sama diharapkan segala tindakan yang akan diambil nantinya tak salah penafsiran. Jika terjadi pelanggaran di lapangan itu kita bisa satu persepsi bersama KPU sesuai peraturan yang berlaku dan petunjuk teknis yang ada," katanya.

Pada pertemuan tersebut Bawaslu Bangka barat sengaja mendatangkan narasumber dari KPU Kabupaten Bangka Barat untuk menjelaskan aturan kampanye secara rinci.

Ia mengatakan selama masa kampanye yang dimulai sejak 25 September 2024, pihaknya belum menerima laporan terkait pelanggaran kampanye dan diharapkan situasi kondusif yang sudah berjalan bisa dijaga dengan baik sehingga pesta demokrasi di Bangka Barat berjalan aman, damai, dan tenang.

"Kami tetap membuka diri menerima laporan dari masyarakat mengenai dugaan pelanggaran kampanye dari seluruh kecamatan, kita berupaya Pilkada 2024 ini bisa berjalan aman, damai dan tenang sampai selesai nantinya," katanya.

Untuk mewujudkan hal itu, Bawaslu bersama Panwaslu Kecamatan akan melakukan penyisiran ke sejumlah tempat-tempat larangan pemasangan alat peraga kampanye (APK).

"Kita terus berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk pengawasan, jika ditemukan alat peraga yang terpasang tidak sesuai aturan akan ditertibkan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024