Bawaslu Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengantisipasi adanya kampanye terselubung dalam kegiatan nonton bersama (nobar) laga tim nasional Indonesia melawan Bahrain yang akan diselenggarakan oleh tim pemenangan maupun relawan pasangan calon.

"Sebagai langkah antisipasi lebih awal, kami mewaspadai adanya kampanye terselubung dalam kegiatan nonton bareng laga timnas Indonesia melawan Bahrain malam nanti," kata Ketua Bawaslu Belitung, Rezeki Aris Munazar di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah tim pemenangan dan relawan masing-masing pasangan calon Pilkada Belitung 2024 akan menyelenggarakan kegiatan nonton bersama laga Indonesia melawan Bahrain di posko pemenangan masing-masing.

Ia mengatakan, penyelenggaraan kegiatan nonton bersama laga timnas Indonesia melawan Bahrain sah-sah saja dilakukan namun tidak boleh memuat unsur-unsur kampanye.

"Apa saja unsur-unsur kampanye itu misalnya seperti mempengaruhi untuk memilih calon tertentu dan tidak memilih calon tertentu," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Aris, Bawaslu Belitung telah mengeluarkan surat imbauan Nomor: 000/PM.00.02/K/BB-05/10/2024 yang ditujukan kepada masing-masing pasangan calon Pilkada Belitung 2024 agar tidak ada unsur kampanye dalam pelaksanaan nonton bersama timnas Indonesia melawan Bahrain.

"Silahkan menyelenggarakan nobar namun itu adalah kegiatan murni mendukung timnas Indonesia bukan untuk mencari celah kesempatan berkampanye," katanya.

Aris menambahkan, pihaknya juga melarang dalam kegiatan nonton bersama tersebut ada semacam undian berhadiah (doorprize) atas nama pasangan calon.

"Kami ingin memastikan dalam kegiatan nonton bareng nanti tidak ada menjanjikan dan atau memberikan uang atau materi sebagai imbalan baik secara langsung maupun tidak langsung karena itu jelas melanggar aturan dan ketentuan," ujarnya.

Disampaikan, Bawaslu Belitung beserta badan ad hoc akan melakukan pengawasan melekat dalam acara pelaksanaan nonton bersama tersebut guna mengantisipasi terjadinya kegiatan kampanye.

"Nanti akan kami buatkan instruksi agar melakukan pengawasan melekat dalam acara kegiatan nonton bersama timnas Indonesia melawan Bahrain bagi seluruh anggota Panwascam," katanya. 
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024