Pjs Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Asmawa Tosepu berharap tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak 27 November 2024, bisa mencapai angka di atas 83 persen.

"Kalau melihat angka pada pilpres dan pileg beberapa waktu lalu itu partisipasi pemilih mencapai 83 persen, saya berharap Pilkada 2024 bisa di atas angka tersebut," ujarnya saat memimpin rapat koordinasi bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (opd) di Manggar, Kamis.

Pihaknya terus mendorong dan mendukung para penyelenggara pemilu (kpu dan bawaslu) terus berupaya menyukseskan pesta demokrasi dan meningkatkan partisipasi pemilih.

Asmawa mengatakan di antara indikator kesuksesan dalam pelaksanaan pesta demokrasi yaitu dengan tingginya tingkat kesadaran berdemokrasi warga yang ditunjukkan dengan meningkatnya partisipasi pemilih.

"Kita menginginkan partisipasi masyarakat pada pilkada kali ini di atas dari tingkat partisipasi masyarakat pada saat Pileg dan Pilpres beberapa waktu lalu," ujarnya.

Ia juga mengatakan, menyukseskan pesta demokrasi merupakan tugas utama dirinya sebagai penjabat sementara (Pjs) dan itu sesuai dengan SK pengangkatan.

"Ada tiga tugas pokok saya setelah dikeluarkan SK sebagai Pjs Bupati Belitung Timur, salah satunya adalah bertanggung jawab menyukseskan Pilkada Serentak 27 November 2024," ujarnya.

Kemudian tugas yang kedua kata dia, memastikan netralitas ASN dalam pelaksanaan kampanye dan memberikan sanksi bagi ASN yang terbukti tidak netral.

"Walaupun ASN sudah punya pilihan masing-masing, namun tidak boleh ikut aktif memberikan dukungan secara langsung,” jelas Asmawa.

Tugas pokok yang ketiga kata dia memimpin penyelenggaraan pemerintahan di masa transisi pada saat kepala daerahnya sementara cuti di luar tanggungan negara.

“Oleh karena itu, hari ini kita laksanakan rapat koordinasi seluruh organisasi perangkat daerah dalam rangka konsolidasi pelaksanaan tugas-tugas yang tadi saya sampaikan,” ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024