Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia Anwar Sanusi secara langsung membuka Naker Fest 2024 Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna menekan angka pengangguran di daerah setempat.

"Naker Fest di Kota Pangkalpinang ini baru pertama kali dilakukan Kemenaker di luar DKI Jakarta," kata Anwar Sanusi saat membuka Naker Fest 2024 di Kota Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Naker Fest ini merupakan gagasan yang sangat bagus, karena dalam naker fest ini terdapat layanan bursa kerja (job fair), knowledge sharing (berbagi pengetahuan) dengan tenaga kerja mandiri, informasi dan pelatihan vokasi dan produktivitas.

Selain itu naker fest ini juga ada pelayanan dan informasi penempatan tenaga kerja luar negeri, pelayanan dan informasi jaminan sosial ketenagakerjaan, Layanan Pembuatan Kartu Tanda Daftar Pencari Kerja (Kartu AK-I), layanan job konseling dan layanan hubungan industrial.

"Naker fest ini hadir dengan paket kesempatan kerja yang lebih lengkap, artinya masyarakat tidak hanya mendapatkan kesempatan mencari lowongan pekerjaan, tetapi juga informasi terkait ketenagakerjaan," ujarnya.

Ia berharap naker fest ini menjadi solusi bagi Pemprov Kepulauan Bangka Belitung khususnya Pemkot Pangkalpinang dalam menekan angka pengangguran dan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat di daerah ini.

"Kita mengetahui semua, bahwa saat ini ekonomi Provinsi Kepulauan Babel khususnya Kota Pangkalpinang tidak dalam keadaan baik-baik saja, sebagaimana yang disebutkan Penjabat Wali Kota Pangkalpinang tadi," katanya.

Penjabat Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama bersyukur Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi secara langsung membuka Naker Fest 2024 di Kota Pangkalpinang, guna mendukung para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.

"Ini adalah peluang besar bagi pencari kerja dan diharapkan masyarakat memanfaatkan naker fest yang dilaksanakan selama dua hari ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024