Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 27 November 2024 mencapai 76 persen.

"Partisipasi pemilih pada pilkada sebelumnya mencapai 76 persen, target kita sama dan bahkan kita upayakan lebih tinggi," kata anggota KPU Bangka Tengah Sabpri Aryanto dalam kegiatan sosialisasi pemilu dengan tema "partisipasi masyarakat kunci sukses Pilkada 2024 di Pangkalanbaru, Jumat.

Pihaknya optimistis angka partisipasi akan meningkat karena terus disosialisasikan dan didukung berbagai elemen masyarakat.

"Kami terus membangun sinergisitas dengan sejumlah unsur masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi ini, terutama bantuan dari kawan-kawan jurnalis melalui berita edukasi," ujarnya.

Sabpri juga mengatakan, sosialisasi perlu digencarkan di kalangan pemilih pemula atau biasa disebut Gen Z yang jumlahnya jika diperkirakan mencapai sekitar 25 persen dari total mata pilih.

"Mereka ini adalah pemilih pemula yang perlu mendapatkan edukasi politik agar datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya sesuai dengan hati nurani," ujarnya.

KPU Bangka Tengah saat ini sedang mempersiapkan diri untuk melaksanakan tahapan debat pasangan calon yang akan digelar pada 24 November 2024.

"Debat pasangan calon tentu ditunggu masyarakat, itu panggung bagi pasangan calon untuk menjabarkan visi dan misi mereka," ujarnya.

Pilkada Bangka Tengah hanya diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Efrianda dengan nomor urut 01 dan pasangan Adet Mastur-Erlan Roskar dengan nomor urut 02.

Pasangan Algafry-Efrianda diusung beberapa partai politik koalisi yaitu Partai Golkar, PDIP, Nasdem, Demokrat, PPP, PKS dan PAN. Sedangkan pasangan Adet-Erlan diusung satu partai politik saja yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024