Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Sugito menyebutkan Naker Fest 2024 di Kota Pangkalpinang sebagai langkah menekan angka pengangguran terbuka di provinsi tersebut yang mencapai 35.247 jiwa.

"Saat ini ekonomi masyarakat di Kepulauan Babel ini tidak sedang dalam keadaan baik-baik saja, sehingga perlu ada terobosan untuk menangani permasalahan ini khususnya ruang ketenagakerjaan," kata Sugito di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menyatakan Naker Fest 2024 yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkolaborasi dengan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung dan Pemkot Pangkalpinang selama dua hari di Kota Pangkalpinang itu sebagai terobosan bersama dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan dan pengangguran terbuka di Negeri Serumpun Sebalai ini.

"Saat ini jumlah pengangguran terbuka di Kepulauan Babel mencapai 35.247 jiwa dari jumlah total penduduk 1,5 jiwa," katanya.

Ia menyatakan porsi terbesar pengangguran terbuka di Kepulauan Babel terdapat di Kabupaten Bangka sebanyak 9.147 orang, disusul Kota Pangkalpinang 6.005 orang, selanjutnya Bangka Barat, Bangka Selatan, dan kabupaten lainnya.

"Di tengah ekonomi tidak dalam baik-baik saja ini kita harus terus berinovasi dan melakukan terobosan dalam upaya mencari ruang bagi masyarakat mendapatkan kesempatan pekerjaan," katanya.

Menurut dia, dengan pola Naker Fest 2024 ini maka akan diketahui apa yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Dengan adanya kegiatan ini tidak hanya membuka peluang kerja, tetapi juga membuka cakrawala masyarakat khususnya para pencari kerja mencari potensi dan peluang kesempatan kerja yang disediakan perusahaan lokal, dalam negeri maupun luar negeri," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024