Bangka Tengah (Antara Babel) - Sebanyak 27 anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek).

"Bimtek ini boleh dikatakan wajib diikuti para anggota Panwascam sehingga mereka benar-benar mengerti tugas sebagai anggota Panwascam," kata Ketua Panwaslu Bangka Tengah Yudi di Bangka Tengah, Selasa.

Ia menjelaskan, bimbingan teknis tersebut digelar pada Senin (26/9) hingga Rabu (28/9) diikuti seluruh anggota Panwascam yang ada di Bangka Tengah.

"Tugas pengawasan sangat berat, apalagi Pilgub 2017 sudah dekat maka Bimtek ini penting untuk menambah pemahaman dan pengetahuan sehingga bisa menjalankan tugas pengawasan secara optimal," ujarnya.

Ia mengatakan Panwascam dituntut bekerja cepat dan tepat sehingga materi Bimtek adalah yang berkaitan dengan teknis kerja dan cara penanganan masalah yang ditemui dalam Pilgub.

"Panwascam merupakan ujung tombak dalam melakukan pengawasan Pilgub hingga ke tingkat desa sehingga anggota Panwascam yang terpilih benar-benar berintegritas," ujarnya.

Ia menegaskan, Panwascam harus netral dan tidak boleh terlibat politik praktis karena tugas mereka adalah menciptakan Pilgub yang aman dan tanpa kecurangan.

"Seleksi anggota Panwascam benar-benar sangat ketat karena peran mereka sangat menentukan dalam menjalankan fungsi pengawasan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016