Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap membantu memfasilitasi pihak penyelenggara pemilihan kepala daerah dalam mendistribusikan logistik ke pulau terluar.

"Kami siap membantu dan memfasilitasi penyelenggara Pilkada 2024 untuk mendistribusikan logistik pilkada ke pulau terluar dan terdepan," kata Penjabat Bupati Belitung Mikron Antariksa di Tanjung Pandan, Senin.

Ia menyebukan terdapat dua wilayah kecamatan seperti di Pulau Gresik di Kecamatan Selat Nasik dan Pulau Sumedang di Kecamatan Membalong. Kedua wilayah kecamatan ini harus dijangkau menggunakan kapal angkutan.

"Distribusi logistik ke pulau tersebut menjadi perhatian serius karena letak geografis yang berada di pulau atau jauh dari pusat kota dan tidak dapat ditempuh jalur darat," jelas dia.

Menurut dia, ancaman yang berpotensi dihadapi saat distribusi logistik pilkada ke pulau yakni, gelombang pasang yang biasanya disertai angin kencang.

"Untuk kelancaran distribusi sampai tujuan tepat waktu, saya mengajak semua pihak guna kelancaran penyaluran dan kesuksesan Pilkada 2024," ujar dia.

Mikron mengatakan pihaknya akan membantu penyelenggara mendistribusikan logistik pilkada ke pulau terluar dan terdepan dengan meminjam kapal Satpolair Polres Belitung dan juga kapal milik Unit Siaga SAR (USS) Tanjung Pandan.

"Dengan dua kapal tersebut, nantinya diharapkan mampu menyelesaikan distribusi logistik, sehingga tidak mengalami kendala dan berjalan tepat waktu," kata Mikron.
 

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024