Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama sejumlah organisasi kemasyarakatan menggencarkan sosialisasi untuk bersama-sama menciptakan situasi Pilkada 2024 yang damai, sejuk dan nyaman.

"Beberapa hari lalu kita telah menggelar rapat koordinasi dengan para pengurus organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di wilayah ini untuk menyatukan pandangan dan aksi bersama agar bisa mewujudkan Pilkada 2024 yang lancar," kata Penjabat Sementara Bupati Bangka Barat Hendriwan di Mentok, Senin.

Sejumlah ormas di Bangka Barat yang hadir dalam rapat koordinasi tersebut, antara lain Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Pengurus Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia, Sentra Komunikasi Mitra Polri, Majelis Ulama Indonesia dan Karang Taruna.

Menurut dia, ormas memiliki peranan penting dalam mewujudkan pilkada damai karena kehadirannya di tengah masyarakat bisa menyeimbangkan iklim demokrasi dan kestabilan hukum di Bangka Barat. 

Dengan peran penting tersebut, pemerintah merasa penting untuk menggandeng dan memaksimalkan peran ormas yang ada untuk berkolaborasi memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar bisa bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan nyaman.

"Perannya penting, kita perlu berkolaborasi dan bersinergi agar bisa berjalan bersama dan saling melengkapi," ujarnya. 

Untuk itu, pihaknya sudah menyusun sejumlah rencana agar ormas memberikan penyuluhan ke masyarakat sesuai latar belakang organisasi tersebut untuk menjaga situasi selama pilkada berlangsung.

Pengurus FKUB Kabupaten Bangka Barat Ridwan Sahri menyatakan komitmen untuk ikut menyukseskan pilkada di Bangka Barat. 

"Kami akan menggencarkan sosialisasi melalui para pemuka agama agar bisa bersama-sama memberikan ajakan kepada warga untuk memelihara kerukunan umat beragama," katanya.

Menurut dia, selama ini kerukunan umat beragama di daerah itu sudah dijalin dengan baik dan dirawat secara turun temurun sehingga perlu untuk terus dilestarikan dan ditingkatkan secara terus-menerus.

"Dengan adanya jalinan tali silaturahim dan kebersamaan yang sudah ada sejauh ini, kami optimis bisa mendukung mewujudkan pilkada dengan damai, lancar dan sukses," katanya.

Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Bangka Barat 2024 diikuti tiga pasangan peserta, yaitu nomor urut 1 Sukirman-Bong Ming Ming, nomor urut 2 Markus-Yus Derahman dan nomor urut 3 Mansah-Dwi Aryani.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024