Indeks pembangunan statistik (IPS) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Kepulauan Bangka Belitung meraih nilai kategori baik berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) dari Badan Pusat Statistik (BPS).

"Berdasarkan hasil EPSS, nilai indeks pembangunan statistik Bangka Tenah adalah 2.71 dengan predikat baik," kata Plt Bupati Bangka Tengah Era Susanto di Koba, Selasa.

Era mengatakan itu menyikapi penilaian EPSS yang sudah dilaksanakan pada April hingga Juni 2024 melalui berbagai tahapan, mencakup tahapan penilaian mandiri, penilaian dokumen, penilaian interviu, serta penilaian visitasi dengan cakupan penilaian meliputi 5 domain, 19 aspek, dan 48 indikator.

Era Susanto mengapresiasi kinerja beberapa OPD terkait dengan pencapaian ini, khususnya Diskominfosta yang menjadi leading sector penyelenggaraan statistik sektoral di Pemkab Bangka Tengah.

"Dengan predikat baik ini membuktikan penyelenggaraan statistik sektoral sudah berjalan walaupun belum maksimal. Tentunya predikat baik saja belum cukup, kita harus berbenah dan berupaya untuk mencapai target tertinggi hingga predikat memuaskan,” ujar Era.

Era juga mengatakan pentingnya penyelenggaraan statistik sektoral untuk pembangunan di Kabupaten Bangka Tengah.

Era menekankan bahwa penyelenggaraan statistik sektoral sangat krusial untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Data yang akurat dan tepat waktu kata Era menjadi landasan bagi pengambilan keputusan yang efektif. 

"Melalui statistik sektoral, kita dapat memahami kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan di daerah, sehingga dapat merumuskan kebijakan yang lebih tepat sasaran," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024