Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan panelis debat publik atau terbuka antar pasangan calon Pilkada 2024 di daerah itu berasal dari tiga perguruan tinggi.

Anggota KPU Belitung, Melly Triani di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan ketiga panelis debat publik perdana Pilkada Belitung 2024 adalah Dr. Derita Pradipta Rahayu (Dekan Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung), Dr. Jauhari (Dekan Pertiba), Akhiat (Direktur Poltekes Kemenkes Pangkalpinang).

"Debat publik Pilkada Belitung 2024 akan dilaksanakan pada, Jumat (25/10) malam," katanya.

Menurut dia, debat publik perdana antar pasangan calon Pilkada Belitung 2024 adalah "Transformasi Ekonomi Inklusif, Pariwisata Kreatif, Pesisir, dan Revitalisasi Lingkungan untuk Kesejahteraan Masyarakat Belitung".

Selain itu, lanjut Melly, tim perumus debat publik Pilkada Belitung 2024 terdiri dari Dr. Iskandar (Akademisi IAIN SAS Bangka Belitung), Dr. Ibrahim (Rektor Universitas Bangka Belitung), Rahmat Ilyas (Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SAS Bangka Belitung), Idil Akbar (Peneliti Pusat Studi Politik dan Keamanan UNPAD), dan Hartian Ramadhan (Direktur Politeknik Belitung).

"Sedangkan moderator yang memimpin jalannya debat publik perdana Pilkada Belitung 2024 adalah Wahyu Kurniawan," ujarnya.

Menurut Melly, debat publik antar pasangan calon Pilkada Belitung 2024 ini menjadi wahana mengkampanyekan program dan transformasi gagasan dari masing-masing pasangan calon.

Selain itu, melalui debat publik ini sekaligus menjadi edukasi ke masyarakat sehingga masyarakat mengetahui masing-masing program dari pasangan calon Pilkada Belitung 2024.

"Sehingga akan menjadi pertimbangan dari masyarakat untuk memilih, tentunya ini juga merupakan bentuk kampanye terbuka yang difasilitasi oleh KPU Belitung," katanya. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024