Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengampanyekan gerakan Perpustakaan Sahabat Keluarga untuk meningkatkan minat baca masyarakat di daerah itu.

"Melalui gerakan ini kami harapkan minat baca masyarakat, terutama bagi para pelajar semakin baik dan mampu membekali diri dalam menghadapi ketatnya persaingan di era kesejagatan," kata Asisten III Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Herus Warsito di Muntok, Kamis.

Menurut dia, upaya publikasi dan sosialisasi melalui Gebyar Bangka Barat Membaca yang digelar setiap tahun belum cukup untuk mendongkrak minat baca masyarakat dan perlu adanya beberapa tambahan kegiatan ini sebagai bagian kampanye perpustakaan sahabat keluarga.

Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri untuk menggenjot peningkatan minat baca masyarakat, butuh peran serta seluruh pihak, terutama keluarga dan lingkungan untuk membangun iklim agar senang membaca buku sejak dini.

"Peran keluarga dan lingkungan sekitar cukup penting untuk menumbuhkan minat baca agar bisa dimulai sejak usia dini," katanya.

Selain itu, diharapkan kedepannya perpustakaan dapat melengkapi sarana dan prasarana yang lebih baik untuk mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi, edukasi, penelitian dan belajar sepanjang hayat.

Pemenuhan sarana pendukung untuk pembelajaran sangat diperlukan agar bisa menyenangkan pengunjung, terutama untuk kalangan anak-anak.

"Kami berharap melalui berbagai kegiatan itu mampu menggugah semangat masyarakat semakin gemar membaca dan perpustakaan daerah, perpustakaan desa dan taman bacaan semakin ramai dikunjungi," kata dia
    
Menurut dia, perpustakaan dan taman bacaan bukan hanya gudang ilmu, namun juga bisa menjadi tempat menenangkan diri dan mencari inspirasi melalui buku-buku yang tersedia.

Perpustakaan juga bisa membantu masyarakat, khususnya para pelajar untuk menumbuhkan minat baca dan menjadikan kegiatan membaca sebagai bagian dari budaya.

Terkait pelaksanaan Gebyar Bangka Barat Membaca yang digelar Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat ia berharap kegiatan itu semakin berkembang dan menghasilkkan budaya baru dalam hal minat baca masyarakat.

Pemerintah daerah menggelar berbagai kegiatan dan lomba melalui kantor tersebut merupakan salah satu bentuk keseriusan dalam publikasi minat baca.

"Kami berharap berbagai inovasi kreatif terus dilakukan agar perpustakaan semakin dibutuhkan masyarakat sehingga mampu mendukung pembangunan daerah menuju Bangka Barat Hebat 2021," katanya.   

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016