Pangkalpinang (Antara Babel) - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Hidayat Arsani melakukan inspeksi mendadak ke beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) guna mendorong peningkatan kinerja para pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah provinsi.

"Kegiatan ini untuk memastikan sejauh mana PNS bekerja sesuai porsinya berdasarkan sistem yang ada," katanya saat sidak di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, para PNS harus terus meningkatkan kompetensinya dan selalu berkomunikasi dengan baik agar semua program yang dicanangkan berjalan sesuai harapan.

"Keberhasilan negeri bergantung pada sumber daya manusianya. Dinas Koperasi harus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui SDM yang handal," ujarnya.

Hidayat Arsani mengatakan Dinas Koperasi dan UMKM dapat memberi pembinaan serta menyalurkan bantuan modal untuk koperasi dan UKM yang aktif agar berkembang dan maju pesat.

"Kita harus mendorong koperasi agar tumbuh dan berkembang seperti perbankan. Bahkan di luar negeri pertumbuhan koperasi sangat pesat melebihi perbankan," ujarnya.

Menurut dia untuk memajukan koperasi, Dinas Koperasi dan UMKM harus memberi bantuan modal sehingga masyarakat kecil khususnya pelaku UMKM dapat mengajukan pinjaman modal usaha dengan bunga ringan dan tanpa jaminan.

"Meski anggaran Dinas Koperasi dipangkas, namun tahun selanjutnya diharapkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan," ujarnya.

Usai sidak di Dinas Koperasi dan UMKM, Hidayat juga mendatangi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pedesaan serta Dinas Kesehatan Babel.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016