Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik setempat meluncurkan website Babel Satu Data sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi statistik bagi yang membutuhkan.

"Website dengan alamat http://babel.bps.go.id/babelsatudata/ ini diharapkan dapat menjadi sarana penyedia informasi data yang akurat dan terpercaya," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, pembangunan yang baik adalah yang direncanakan dan dievaluasi menggunakan data yang akurat, lengkap, relevan dan berkesinambungan.

"Penyelenggaraan pemerintahan ke depan dituntut untuk lebih terukur dan terpadu dalam mengelola pembangunan dengan data. Untuk itu perlu adanya keseragaman data," ujarnya.

Menurut dia, data sektoral yang merupakan output dari badan, dinas, instansi maupun SKPD harus dapat disediakan secara profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

"Untuk itu perlu adanya penekanan karena ketersediaan data yang ada di SKPD masih harus ditingkatkan kualitasnya, sehingga dengan diluncurkannya website ini harapan itu dapat diwujudkan," ujarnya.

Ia juga berharap website tersebut mampu memberikan kontribusi berarti bagi kepentingan pembangunan sekaligus menjadi media yang bisa dipakai masyarakat luas untuk mengikuti perkembangan pembangunan sekaligus peluang investasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala BPS Kepulauan Bangka Belitung, Darwis Sitorus mengatakan saat ini masih terdapat kesenjangan data antara yang dibutuhkan dengan yang tersedia, termasuk ketidakseragaman indikator dalam format data, tahapan pengelolaan data serta penyajian yang menyulitkan integrasi data.

"Strategi yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan harmonisasi dan integrasi data untuk perencanaan pembangunan daerah melalui sinergitas dan kolaborasi BPS dengan seluruh stakeholder dalam menggabungkan data dan informasi dalam satu wadah yaitu website Babel Satu Data," katanya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak terkait harmonisasi dan integrasi data melalui sinergitas dan kolaborasi antara BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan pemangku kepentingan di daerah itu.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016