Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mendorong mahasiswa khususnya dari program studi Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung untuk lebih meningkatkan kepekaan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengantisapasi persaingan global.

Staf Ahli Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Bidang Ekonomi dan Keuangan Daerah, KA Cholil di Pangkalpinang, Senin, mengatakan selain peka terhadap iptek mahasiswa juga diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas dan membudayakan iklim kompetisi khususnya di lingkungan perguruan tinggi.

"Dengan kepekaan tersebut mahasiswa akan mempunyai keahlian di bidangnya sehingga dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah membangun provinsi ini ke arah yang lebih baik lagi," katanya.

Menurut dia, mahasiswa yang mempunyai keahlian dapat menjadi pribadi yang mempunyai rasa percaya diri dan berdaya saing tinggi sehingga siap memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif, terutama di era yang semakin canggih dan mengglobal.

"Kita semua dituntut untuk meningkatkan kemampuan, kompetensi dan profesionalitas agar mampu bersaing dan mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih," ujarnya.

Selain keahlian, mahasiswa juga harus mempunyai semangat pengabdian sehingga ilmu juga dapat dirasakan dan berguna untuk masyarakat khususnya di Bangka Belitung.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Bangka Belitung, Ismed Inonu mengatakan salah satu upaya meningkatkan kepekaan terhadap iptek yakni melalui acara "Thrid Civil Engineering One Week Festival" yang diharapkan membawa perubahan dan pengaruh yang besar buat UBB ke depannya.

"Kegiatan ini dampaknya sangat besar bagi UBB dan ini perlu ditingkatkan. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat membawa manfaat dan dijalankan dengan penuh tanggung jawab," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016