Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan sandang dan pangan kepada korban angin puting beliung di Kampung Seberang Kota Pangkalpinang, guna meringankan beban mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kami hanya menyalurkan bantuan beras, mie instan, ikan kaleng, pakaian, tenda dan perlengkapan bayi kepada 19 kepala keluarga yang menjadi korban angin puting beliung," kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinkessos Kepulauan Babel, Isa Anshorie di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan kejadian angin puting beliung pada Selasa (22/11) telah merusak 19 unit rumah warga di Kampung Seberang Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang. Dua dari 19 rumah warga rusak berat, selebihnya rusak sedang.

"Kami hanya membantu sandang dan pangan korban, karena Pemkot Pangkalpinang akan menyalurkan bantuan bantuan bahan bangunan untuk memperbaiki rumah korban angin puting beliung yang rusak berat, sedang dan ringan," ujarnya.

Ia mengatakan bantuan sandang dan pangan ini juga diberikan kepada korban angin puting beliung di Tukak Sadai, Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

"Kondisi korban cukup memprihatinkan, karena rumah rusak berat akibat terjangan angin puting beliung," ujarnya.

Menurut dia saat ini stok bantuan sandang dan pangan untuk korban bencana alam ini cukup hingga tiga bulan kedepan dan diharapkan pemerintah kabupaten/kota untuk melapor dan mengajukan bantuan, untuk meringankan beban korban bencana alam.

"Kami terkadang kesulitan untuk menyalurkan bantuan, karena tidak adanya permintaan dari pemerintah kabupaten/kota. Untuk itu diharapkan kerja sama dan sinergitas pemkab/pemkot dalam menangani dan membantu korban bencana alam ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016