Pangkalpinang (Antara Babel) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar aksi simpatik membagikan 300 bunga kepada masyarakat sebagai rangkaian peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2016.

Peringatan Hari AIDS Sedunia tahun ini, KPA Pangkalpinang, Kamis, juga menggelar senam massal dan jalan sehat yang diikuti ribuan peserta dari komunitas dan mitra peduli HIV/AIDS, kelompok waria, LSM, pekerja seks dan masyarakat umum.

"Melalui rangkaian kegiatan ini dapat memperkuat komitmen dan kepedulian semua pihak dalam menanggulangi HIV/AIDS," kata Sekretaris Jenderal KPA Kota Pangkalpinang Arham Naning, usai bagi-bagi bunga itu pula.

Ia mengatakan, untuk menekan angka kasus penularan HIV/AIDS ini, perlu penyebarluasan informasi tentang bahayanya kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kepedulian untuk mencegah penularan HIV yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

"Kami mengajak semua komponen masyarakat untuk bergerak melakukan langkah aktif dalam pencegahan penularan HIV dari bayi hingga orang tua, sehingga dapat menciptakan masa depan yang lebih baik," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan tema peringatan Hari AIDS Sedunia tahun ini yaitu "Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV", dan mengelar berbagai kegiatan agar mereka bertemu saling silahturahmi dan berbagi pengetahuan dalan mengendalikan penularan HIV/AIDS.

"Kami telah mencanangkan '3 zero' dalam penanggulangan HIV/AIDS, yaitu zero new infection, menurunkan kasus baru HIV serendah mungkin, zero AIDS created deaths, menurunkan angka kematian serendah mungkin, dan zero discrimination, menurunkan stigma dan diskriminasi terhadap pasien HIV/AIDS," ujarnya pula.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016