Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan dana bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat setempat sebesar Rp2,7 miliar.

"Tahun 2016, pemerintah Kabupaten Bangka melalui APBD menyediakan dana bantuan sosial sebesar Rp2,7 miliar guna membantu masyarakat yang membutuhkan sesuai peruntukannya," kata Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, Ferry Insani di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan, dana bantuan sosial itu dialokasikan masing-masing  untuk kecelakaan laut sebesar Rp25 juta, bantuan biaya pendamping bagi pasien berobat ke luar daerah sebesar Rp300 juta, santunan kematian Rp2 miliar.

Selain dialokasikan dikegiatan sosial itu kata dia, dana tersebut juga dipergunakan untuk jasa penghargaan kepada pahlawan atau janda pahlawan sebesar Rp102.500.000, bantuan sosial lainnya sebesar Rp300 juta.        
    
"Sesuai dengan ketentuaanya, dana bantuan sosial yang nilainya mencapai lebih dari Rp1 miliar harus melalui atau diketahui oleh bupati sedangkan untuk bantuan dana hibah yang jumlahnya Rp300 juta sampai Rp1 miliar harus melalui wakil bupati," katanya.

Ia mengatakan, prosedur penyaluran dana bantuan sosial yang berjenjang, untuk nilai bantuan hibah sebesar Rp300 juta kebawah diketahui oleh Sekda dan asisten Setda.

"Bantuan dana sosial yang disalurkan pemerintah ke masyarakat yang membutuhkan bertujuan untuk membantu meringankan anggota masyarakat yang sedang mengalami musibah," katanya.

Sekda mengatakan, program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai sektor merupakan salah satu kegiatan utama.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016