Muntok (Antara Babel) - Galeri kerajinan yang dikelola Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dipindah lokasi yang lebih strategis agar produk yang ditawarkan semakin laku.

"Lokasi yang ditempati saat ini di tengah Pasar Muntok kurang mudah dijangkau para pengunjung dari luar daerah, kami akan menempatkannya ke pusat keramaian di tengah Kota Muntok," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat, Herzon di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan, saat ini sedang menyiapkan lokasi baru yang dinilai cukup strategis dan mudah dijangkau yaitu di "M-3" yang berada di depan Masjid Jamik Muntok dan Kelenteng Kung Fuk Miau.

Lokasi tersebut sangat strategis karena berada di depan salah satu ikon wisata Babel yang selama ini selalu menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan yang datang ke Muntok.

"Selain dekat dengan objek wisata ikon Babel, lokasi itu juga mudah dijangkau masyarakat karena berada tepat di tengah kawasan perkotaan dan memiliki lokasi parkir yang cukup luas," katanya.

Ia berharap pemindahan lokasi Galeri Kerajinan akan membawa dampak positif dalam jumlah penjualan berbagai produk usaha kerajinan lokal yang dipajang sehingga pelaku usaha semakin termotivasi untuk menggeluti usahanya.

"Apabila produk laris, kami yakin perajin akan semakin tekun dalam usahanya dan mereka juga akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas," katanya.

Selain menawarkan produk kerajinan, lanjutnya, lokasi itu juga perlu dilengkapi dengan fasilitas pendukung lain, seperti lokasi santai, kafetaria, dan jaringan internet.

"Kalau perlu kita selenggarakan pertunjukan seni atau musik secara berkala untuk menghidupkan suasana dan menarik masyarakat datang ke galeri kerajinan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016