Koba (Antara Babel) - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat dana untuk pembangunan desa di daerah itu pada 2016 mencapai sekitar Rp86,1 miliar.

"Pada tahun ini dana untuk pembangunan desa sekitar Rp86,1 miliar yang bersumber dari APBD kabupaten dan APBN," kata Kepala BPMPD Bangka Tengah Julhasnan di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa alokasi dana desa (ADD) Bangka Tengah pada 2016 sebesar Rp48,1 miliar, kemudian ditambah dana desa (DD) yang bersumber dari APBN sebesar Rp38 miliar.

"Dana tersebut sudah digelontorkan ke masing-masing desa atau ditransfer langsung ke rekening kas desa untuk dikelola penuh pihak desa," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa Pemprov Bangka Belitung juga menggelontorkan dana untuk desa di Bangka Tengah dengan nilai Rp28 juta per desa.

"Kalau bantuan dari Pemprov Babel, memang nominalnya lebih kecil, tetap saja gelontoran dana besar untuk desa itu bersumber dari APBD Bangka Tengah," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa bantuan dana desa dari Pemprov Babel itu lebih banyak untuk pihak desa guna pelaksanaan pemilihan kepala desa.

"Kalau untuk pembangunan desa dan honor perangkat desa hingga perangkat RT, tetap bersumber dari DD dan ADD," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016