Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tahapan kampanye dan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017 di daerah itu berjalan kondusif.

"Hingga hari ini seluruh tahapan kampanye dan sosialisasi berjalan sesuai aturan, kami berharap situasi seperti ini bisa terus terjaga sampai seluruh tahapan pemilu selesai dilaksanakan," kata Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, pemantauan di seluruh wilayah terus dilakukan baik oleh petugas di tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke tingkat desa agar tahapan kampanye dan sosialisasi berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Menurut dia, sosialisasi dengan menggunakan alat peraga kampanye juga dipasang sesuai dengan zonasi pemasangan dan jumlah yang yang dipasang sesuai aturan di tingkat kecamatan dan desa.

"Beberapa hari lalu kami sempat menerima surat dari Panitia Pengawas Pemilu terkait indikasi adanya pelanggaran dalam pemasangan alat peraga, namun surat tersebut tidak kami tindaklanjuti karena tidak secara rinci menyebutkan lokasi," kata dia.

Dalam surat tersebut, kata dia, Panwaslu Kabupaten tidak menyebutkan secara detail indikasi adanya pelanggaran pemasangan alat peraga atau masih bersifat normatif.

"Padahal menurut kami pemasangan alat peraga kampanye masih sesuai dengan aturan yang ada, kami berharap ke depan Panwaslu Kabupaten lebih rinci menyebutkan indikasi pelanggaran agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017