Koba (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung optimistis partisipasi masyarakat menggunakan hak suaranya dalam Pilgub 15 Februari 2017 cukup tinggi.

"Kami optimistis partisipasi masyarakat bisa mencapai 75 persen atau lebih tinggi dibanding partisipasi pada pemilihan bupati dan wakil bupati setahun lalu," kata Ketua KPU Bangka Tengah, Suryansyah di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, berbagai upaya sudah dilakukan pihak KPU untuk menaikkan partisipasi pemilih di antaranya menggencarkan sosialisasi, pendataan pemilih secara akurat dan melalui pengaruh dari pasangan calon yang bersaing dalam pesta demokrasi tersebut.

"Peran pasangan calon sangat menentukan tingginya partisipasi pemilih karena warga tentu sudah memiliki pilihan sebelum mencoblos," ujarnya.

Ia mengatakan, partisipasi pemilih di Bangka Tengah akan meningkat karena ada calon yang berasal dari daerah itu sehingga kondisi tersebut mendorong masyarakat datang ke TPS menggunakan hak suaranya.

"Pengaruh calon juga sangat besar terhadap partisipasi pemilih, karena tidak sedikit warga memilih dengan melihat sosok pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada," ujarnya.

Selain itu, peran dan partisipasi dari masyarakat serta para tokoh juga mampu meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub Babel.

"Jadi banyak faktor yang bisa mendorong warga untuk datang ke TPS mencoblos yang pada akhirnya mampu meningkatkan partisipasi pemilih," ujarnya.

Pilgub Bangka Belitung diikuti empat pasangan calon yaitu nomor urut 1 pasangan Yusron Ihza Mahendra-Yusroni Yazid, nomor urut 2 Rustam Effendi-Irwansyah, nomor urut 3 Hidayat Arsani-Sukirman dan nomor urut 4 pasangan Erzaldi Rosman-Abdul Fattah.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017