Muntok (Antara Babel) - Sebanyak 15 grup tingkat pelajar di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memeriahkan Festival Musik Akustik Arunasvara yang digelar di Lapangan Gelora Muntok.

"Pada festival pertama di tahun ini sebanyak 15 grup turut berpartisipasi, kami berharap pada festival berikutnya akan semakin banyak sehingga acara semakin meriah," kata humas Komunitas Musik Arunasvara, Nopie Suryadi di Muntok, Sabtu.

Jumlah kelompok musik pelajar yang tampil kali ini, lanjutnya, meningkat dibandingkan pada pergelaran serupa akhir 2016.

Ia mengatakan, festival musik tingkat pelajar dilaksanakan dua hari berturut-turut mulai Jumat (17/2) yang digelar mulai siang hingga malam hari.

"Kami optimistis malam ini akan semakin semarak dengan tampilnya grup-grup lokal yang sudah mapan dan selama ini malang-melintang di tingkat regional dan nasional," katanya.

Musisi lokal, Danny "Teras" memberikan apresiasi terhadap pergelaran musik yang dilaksanakan komunitas Arunasvara karena akan membawa dampak bagi kematangan para musisi muda di daerah itu.

"Bukan tidak mungkin ke depan mereka akan menjadi generasi muda yang memiliki keterampilan bermusik dan berkreasi sehingga mampu bersaing dengan musisi dari daerah lain," kata dia.

Ia berharap kegiatan seperti itu bisa dilaksanakan secara rutin, minimal dua bulan sekali untuk memberikan kesempatan pemusik muda, khususnya tingkat pelajar mendapatkan pengalaman tampil di panggung terbuka.

"Mental tampil akan semakin terasah, keterampilan juga akan semakin mumpuni karena mereka akan terpacu berlatih rutin," kata dia.

Dengan kegiatan rutin diharapkan gairah bermusik generasi muda akan semakin baik, kreativitas semakin terasah dan mampu memberi andil dalam perkembangan musik.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017