Koba (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah berencana menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilgub Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu pagi.

"Rekapitulasi perolehan suara sudah selesai digelar di tingkat PPK, maka pada Rabu (22/2) akan digelar pleno di KPU untuk menentukan suara final hasil pilgub 15 Februari 2017," kata Ketua KPU Bangka Belitung, Suryansyah di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, sesuai tahapan bahwa rapat pleno di tingkat KPU dilaksanakan pada 22 hingga 26 Februari dan pihaknya menggelar pleno lebih awal karena semua rekap suara dari setiap PPK sudah masuk ke KPU.

"Kami tidak perlu lagi menunggu, semua rekap suara dari PPK sudah masuk maka ketika tahapan rekapitulasi di KPU sudah masuk kami langsung menggelar pleno," ujarnya.

Pihaknya mengundang berbagai pihak terkait dalam rapat pleno terbuka perolehan suara hasil Pilkada Bangka Belitung tersebut di antaranya Panwaslu, aparat kepolisian, saksi masing-masing pasangan calon dan pihak terkait lainnya.

"Sesuai hasil dari C1 maka tercatat pasangan nomor urut 4 yaitu Erzaldi Rosman-Abdul Fattah unggul sebesar 55,09 persen dibanding tiga pasangan calon lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan, Erzaldi-Fattah meraih sebanyak 42.368 suara dari total sebanyak 78.579 warga daerah ini yang menggunakan hak suara atau unggul sekitar 55,09 persen suara dari tiga pasangan calon lainnya.

Pilgub Bangka Belitung diikuti empat pasangan calon yaitu Yusron-Yusroni, Rustam-Irwansyah, Hidayat-Sukirman dan Erzaldi-Fattah. Empat calon adalah petahana yaitu Erzaldi (Bupati Bangka Tengah), Irwansyah (Wali Kota Pangkalpinang), Rustam (Gubernur Babel) dan Hidayat (Wakil Gubernur Babel).

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017