Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengawal ketat penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) agar bantuan itu tepat sasaran dan bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau kecil di daerah itu.

"Mudah-mudahan Maret tahun ini dana PKH sudah mulai disalurkan kepada masyarakat miskin di daerah ini," kata Kepala Dinkesos Kepulauan Babel M Aziz Haradad di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan jumlah penerima PKH di Provinsi Kepulauan Babel mencapai 8.367 kepala rumah tangga tersebar di kabupaten/kota dengan rincian Kota Pangkalpinang 204 kepala keluarga, Kabupaten Bangka 914 kepala keluarga.

Selanjutnya penerima PKH di Kabupaten Bangka Tengah 1.237 kepala keluarga, Bangka Barat 921 kepala keluarga, Bangka Selatan 846 kepala keluarga, Belitung 1.234 kepala keluarga dan Belitung Timur 1.011 kepala keluarga.

"Kami lebih memfokuskan pengawasan penyaluran dana bantuan PKH di pulau-pulau kecil, karena cukup rentan penyelewengan yang akan merugikan masyarakat miskin di pulau itu," ujarnya.

Ia mengatakan penyaluran dana PKH ini  disalurkan di Kantor Pos di masing-masing kabupaten/kota.

Sementara penyaluran bantuan di pulau-pulau kecil diserahkan langsung kepada penerima bantuan di kantor desa/kelurahan, karena belum adanya Kantor Pos di pulau kecil tersebut.

"Jangan sampai dana bantuan yang diterima penerima manfaat berkurang atau diselewengkan petugas," katanya.

Dinkesos masih berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk kelancaran penyaluran dana bantuan PKH Januari, Februari dan Maret 2017.

"Saat ini kami sedang menyusun jadwal dan pengamanan penyaluran bantuan PKH ini, mengingat penerima bantuan ini cukup banyak. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat pemberian dana bantuan peningkatan kesejahteraan ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017