Bangka Barat (Antara Babel) - Petani di Desa Peradong, Kecamatan Simpangteritip, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membutuhkan saluran irigasi untuk mengairi sawah di desa tersebut.

"Kami mengusulkan agar dibangun sistem pengairan yang memadai di Desa Peradong agar hasil panen padi bisa lebih maksimal," kata Kepala Desa Peradong Rupa'in di Bangka Barat, Minggu.

Ia mengatakan hasil panen yang dilaksanakan selama ini cukup bagus seiring meningkatnya keterampilan para petani di desa tersebut, namun ada beberapa yang kurang maksimal hasilnya karena belum tersedianya jaringan irigasi di desa tersebut.

"Kualitas padi cukup bagus, hanya kurang maksimal," katanya.

Selain pembangunan irigasi sawah, kata dia, warga desa setempat juga mengusulkan pembangunan talud pemecah gelombang air laut.

Dua kebutuhan warga tersebut sangat diperlukan untuk menunjang perekonomian masyarakat desa yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani.

"Kebutuhan itu kami harapkan bisa dipenuhi pemerintah agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Peradong," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017