Pangkalpinang (Antara Babel) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membantu arus mudik lebaran di Pelabuhan Muntok Kabupaten Bangka Barat, guna mencegah penumpukan calon penumpang di pelabuhan itu.

"Perusahaan sudah setuju untuk mengoperasikan dua unit kapal untuk melayani calon penumpang di Pelabuhan Muntok selama arus mudik lebaran," kata Plh Kepala KSOP Pangkalbalam, Hasoloan Siregar di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan bantuan kapal penumpang jenis ro-ro ini mengingat arus mudik di Pelabuhan Muntok dalam beberapa tahun terakhir mengalami lonjakan yang cukup tinggi, sehingga potensi terjadi penumpukan penumpang di terminal pelabuhan cukup tinggi.

Sementara itu, kondisi calon penumpang kapal di Pelabuhan Pangkalbalam selama arus mudik terus mengalami penurunan, karena masyarakat lebih tertarik menggunakan angkutan udara untuk mudik ke kampung halamannya.

"Saat ini kita masih menunggu permintaan penambahan angkutan lebaran dari KSOP Muntok, agar arus mudik di pelabuhan itu berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Ia mengatakan untuk kelancaran arus mudik di Pelabuhan Pangkalbalam, pihaknya akan menyiagakan tujuh unit kapal jenis ro-ro tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan satu unit kapal cepat tujuan Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung.

"Angkutan kapal yang siagakan cukup untuk melayani masyarakat yang akan mudik lebaran ke kampung halamannya," ujarnya.

Ia berharap KSOP Muntok dapat segera mengajukan permintaan bantuan penambahan angkutan lebaran, untuk mencegah penumpukan calon penumpang rute Pelabuhan Muntok tujuan Pelabuhan Api-Api Palembang, Sumatera Selatan," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017