Sungailiat (Antara Babel) - Kepolisian Resor Bangka, Provinsi Kepuluan Bangka Belitung memperketat penjagaan di bank dan sejumlah tempat penting lainnya di daerah itu.

Kapolres Bangka AKBP Johanes Bangun melalui Kabag Ops S Sophian di Sungailiat, Jumat, mengatakan peningkatan penjagaan di bank-bank dan beberapa tempat penting lainnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi nasabah dan masyarakat.

"Penjagaan keamanan ini sesuai petunjuk langsung dari pimpinan tertinggi Polri dan minimal satu orang personel polisi kami siapkan di masing-masing bank," katanya.

Menurut dia, penjagaan merupakan bagian dari tugas Polri dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Saya imbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban di lingkungan masing-masing serta menghindari membawa perhiasan atau harta penting lainnya ke tempat umum karena dapat memacing sesorang melakukan tindak kejahatan," ujarnya.

Kapolres mengatakan, diperketatnya penjagaan di bank maupun sarana penting lainnya karena pada bulan Ramadhan tingkat kunjungan masyarakat ke bank atau pasar cukup tinggi.

"Kita ketahui bersama mendekati Lebaran tingkat transaksi ekonomi masyarakat cukup tinggi baik itu di bank atau di pusat-pusat perekonomian lainnya," katanya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan aparat kepolisian memberikan pelayanan berupa pengawalan tanpa biaya bagi nasabah bank yang melakukan penarikan uang dalam jumlah besar.

"Pelaku tindak kejahatan akan memanfaatkan suasana yang dianggapnya aman untuk melakukan tindakan kejahatan dan hal ini harus diantisipasi secara dini oleh masyarakat," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017