Pangkalpinang (Antara Babel) - Arus balik penumpang sejak H+1 hingga H+7 Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah rute Pelabuhan Pangkalbalam di Pulau Bangka dari dan ke Pelabuhan Tanjungpandan Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat sebanyak 4.505 orang penumpang.

"Diperkirakan arus balik hingga H+15 akan kembali normal dan sejauh ini semuanya berjalan aman, lancar dan kondusif," kata Kepala KSOP Pangkalbalam, Adriawan Simanungkalit di Pangkalpinang, Senin.

Ia menyebutkan sebanyak 4.505 orang penumpang kapal yang berangkat maupun yang tiba di Pelabuhan Pangkalbalam dengan rincian penumpang pada H+7 sebanyak 641 orang, H+6 624 orang, dan pada H+5 mencapai 710 orang.

Selanjutnya pada H+4 sebanyak 579 orang, H+3 636 orang, H+2 664 orang dan penumpang kapal pada H+1 sebanyak 651 orang.

"Hingga saat ini keberangkatan dan kedatangan kapal penumpang sesuai dengan jadwal serta sama sekali tidak pernah terjadi penumpukan calon penumpang di terminal pelabuhan karena angkutan yang disediakan cukup memadai," katanya.

Sementara itu, arus balik tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta baru dimulai Senin (3/7) dengan perkiraan jumlah penumpang kapal normal.

"Saat ini KM Srikandi dari Pelabuhan Tanjung Priok sedang dalam perjalanan dan diperkirakan sampai di Pelabuhan Pangkalbalam pukul 21.00 WIB malam nanti," ujarnya.  

Menurut dia meski arus balik tahun ini masih berjalan normal, namun pengamanan dan pelayanan kepada calon penumpang tetap ditingkatkan sebagai antisipasi dini berbagai tindak kejahatan yang merugikan masyarakat.

"Namun demikian kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan tidak menggunakan perhiasan dan barang bawaan secara berlebihan," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017