Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba asah terampil pertanian yang diikuti utusan kelompok tani dari enam kecamatan di daerah itu.

"Lomba asah terampil dengan pola cerdas cermat ini mengambil materi seputar dunia pertanian, dimana setiap kelompok tani di kecamatan mengirim tiga anggota untuk mengikuti lomba ini," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Bangka Tengah, Sajidin di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, lomba asah terampil pertanian ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan petani terutama yang tergabung dalam kelompok terkait dunia pertanian.

"Dalam lomba ini para peserta bisa mengasah dan menunjukkan sejauh mana tingkat pengetahuan mereka tentang dunia pertanian," ujarnya.

Lomba asah terampil itu adalah yang pertama kali digelar dan pesertanya adalah utusan petani dari setiap kecamatan yang sudah diseleksi sebelumnya.

"Mereka yang keluar menjadi juara dalam lomba asah terampil ini akan mewakili Bangka Tengah untuk mengikuti lomba yang sama tingkat Provinsi Babel," ujarnya.

Sajidin mengatakan, lomba asah terampil ini bagian dari upaya mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan petani terkait inovasi teknologi pertanian.

"Ke depan para petani di daerah ini harus mampu meningkatkan inovasi menggunakan teknologi tepat guna dalam rangka menuju petani yang mandiri dan sejahtera," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017