Pangkalpinang (Antara Babel) - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mendorong lingkungan keluarga sebagai basis utama untuk melindungi anak dari berbagai tindak kekerasan agar generasi penerus bangsa dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

"Kami meminta orang tua untuk berperan aktif melindungi dan memenuhi hak anaknya," kata Abdul Fatah saat menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan keluarga sebagai basis utama atau lembaga dalam memberikan perlindungan kepada anak ini sangat penting untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

"Saya berharap setiap orang tua memperhatikan perkembangan anak dan memberikan motivasi serta mendampingi anak, karena dapat meningkatkan kreativitas anak-anaknya," harapnya.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi Rosman mengatakan peran aktif dan keterlibatan orang tua merupakan hal penting dalam pemenuhan hak dan kreatifitas anak.

"Saya berharap program perlindungan dan pemenuhan hak anak-anak dalam pembahasan di Musrenbang untuk melibatkan forum anak, agar mereka dapat menyampaikan aspirasinya," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam rangka pemenuhan hak anak-anak didasarkan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 yang mengamanatkan pemerintah dan pemerintah daerah memberikan prioritas terhadap kondisi pertumbuhan dan perkembangan generasi penerus bangsa ini.

"Kami mengapresiasi upaya pemerintah yang memberikan perhatian terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak Indonesia khususnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Kegiatan peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan di Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diikuti 200 anak dan menggelar berbagai pertunjukan seni dan kreasi anak-anak PAUD, bernyanyi bersama, deklarasi anak, pembagian bingkisan hadiah kepada anak-anak dan pertunjukan kegiatan kreativitas anak-anak tersebut.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017