Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 32 gubernur dari tiga negara hadir mengikuti Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Ke-23 di Kota  Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna membahas berbagai peluang kerja sama, antara lain sektor pariwisata, pertanian, dan pendidikan.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan skala internasional ini dapat membawa dampak positif terhadap pembangunan daerah ini," kata Ketua Panitia IMT-GT Ke-23, Yan Megawandi, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan pertemuan itu dihadiri 32 gubernur, yaitu sembilan gubernur dari provinsi di Pulau Sumatera, delapan gubernur dari Malaysia dan 14 gubernur dari Thailand. Mereka hadir untuk menyukseskan IMT-GT yang dimulai pada Selasa (26/9) hingga Jumat (29/9) di Kota Pangkalpinang.

Selain dihadiri 32 gubernur, IMT-GT juga dihadiri 250 tamu penting dari Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Dalam kegiatan puncaknya nanti, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Darmin Nasution dan beberapa menteri lainnya juga turut hadir.

"Kita berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan dan kesan yang baik kepada pejabat-pejabat penting dari Malaysia dan Thailand ini," ujarnya.

Yan Megawandi juga Sekda Provinsi Kepulauan Babel itu, mengatakan untuk menyambut para tamu penting tersebut, pemerintah provinsi menyiapkan beberapa kendaraan mewah dan bus guna memudahkan para tamu mengunjungi tempat-tempat wisata maupun kuliner di Pulau Bangka.

"Kita menyiapkan beberapa kendaraan mewah, meskipun harus menyewa dan meminjam. Bus juga disiapkan untuk para tamu yang ingin berkeliling melihat wisata dan mencicipi kuliner kita," ujarnya.

Selain mengikuti serangkaian pertemuan, para tamu juga akan melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah.

"Para tamu juga akan berkunjung ke perkebunan dan tempat wisata kita, sekaligus mencicipi kuliner dan makanan khas daerah. Dengan kunjungan ini kita harap mereka bisa datang kembali membawa keluarga maupun kerabatnya dikemudian hari," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017