Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengimbau warga agar mewaspadai potensi pasang air laut maksimum yang diprakirakan dapat mencapai dua meter atau lebih di beberapa kawasan pesisir pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (10/10).

"Pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan," ujar prakirawan dari kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Senin.

Pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih berpeluang terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,24 meter, kemudian di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,06 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,00 meter.

Sementara itu pasang air laut maksimum di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,81 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,42 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,43 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,36 meter.

"Kami mengimbau warga dan juga wisatawan agar mewaspadai ketinggian pasang air laut dengan tidak memaksakan diri untuk beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Rizki.

Pada bagian lain BMKG memprakirakan ketinggian gelombang signifikan di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 0,25 sampai 1,25 meter.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan di kawasan selatan Pulau Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, kemudian di Selat Gelasa antara 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan di Selat Karimata dan utara Pulau Bangka antara 0,25 sampai 1,25 meter.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan sendiri diprakirakan berkisar antara 8 sampai 40 kilometer per jam dan rata-rata bertiup dari tenggara dan barat daya.

"Kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan dan juga nelayan tradisonal agar tetap waspada selama berada di perairan, mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," ujar Rizki Adzani.

Cuaca di sebagian daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Selasa diprakirakan berawan dan berawan tebal dengan peluang hujan dengan intensitas ringan hingga hujan yang disertai petir.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi hampir di seluruh wilayah Kepulauan Bangka Belitung, sementara hujan yang disertai petir terutama pada siang hari berpeluang terjadi di wilayah Koba Kabupaten Bangka Tengah, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan dan di Manggar Kabupaten Belitung Timur.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembapan udara 60 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017