Pangkalpinang  (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar sosialisasi kepada masyarakat, perwakilan organisasi dan pemerintahan daerah soal tahapan program dan jadwal Pemilu untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI pada 2019.

"Sosialisasi bagi perwakilan organisasi kemasyarakat dan unsur pemerintah daerah kali ini bertujuan untuk mengetahui tahapan program dan jadwal pemilu DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang akan dijalankan," kata Komisioner KPU Kota Pangkalpinang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Wahyu Gusna di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menerangkan tahapan Pemilihan Legislatif dan Pilpres 2019 diawali dengan kegiatan sosialisasi yang dimulai sejak 17 Agustus 2017 sampai pengumuman hasil suara di TPS pada 17 April 2019.

"Saat ini KPU Kota Pangkalpinang menjalankan tahapan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019 yang telah menerima sebanyak 19 berkas dari parpol untuk segera dilakukan verifikasi data," ujarnya.

Menurut Wahyu, pihak KPU Kota Pangkalpinang mengakui tugas yang akan diemban akan semakin berat karena tahapan Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 berjalan secara beriringan.

"Menjadi tantangan bagi KPU Kota Pangkalpinang untuk mengemban tugas menjalankan dua agenda pemilu sekaligus dengan baik dan benar," terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pangkalpinang, M Yusuf mengatakan bahwa sebanyak 171 KPU di Indonesia akan melaksanakan tahapan Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 secara beriringan termasuk yang akan terjadi di Kota Pangkalpinang.

"Kami berharap agar seluruh unsur masyarakat maupun pemerintahan terutama Panwaslu Kota Pangkalpinang untuk saling mengingatkan karena padatnya agenda dan tahapan pemilu sehingga pelaksanaan Pilkada 2018, Pileg maupun Pilpres 2019 dapat berjalan lancar," katanya.

Pewarta: Mahendra

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017