Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mewaspadai lonjakan calon penumpang kapal tujuan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung, karena tingginya minat masyarakat berlibur merayakan malam tahun baru di daerah itu.

"Kami akan menambah satu unit kapal penumpang jenis ro-ro untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tujuan Belitung," kata Plh Kepala KSOP Pangkalbalam Hasoloan Siregar di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini penumpang kapal rute Pelabuhan Pangkalbalam (Pulau Bangka) tujuan Pelabuhan Tanjung Pandan (Pulau Belitung) masih dilayani satu unit kapal cepat berkapasitas 350 orang penumpang, karena penumpang masih normal menjelang dan selama Natal.

"Dalam sepekan terakhir penumpang yang berangkat maupun tiba dari Belitung berlibur Natal masih di bawah 150 orang per hari atau masih normal," katanya.

Menurut dia penumpang kapal tujuan Belitung ini diperkirakan akan mengalami peningkatan pada tanggal 30 hingga 31 Desember, karena minat masyarakat untuk berwisata sekaligus menyambut malam tahun baru di pulau berjulukan negeri laskar pelangi itu tinggi.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, penumpang kapal tujuan Belitung menjelang malam tahun baru mengalami peningkatan cukup signifikan, sehingga perlu penambahan armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut," katanya.

Kapospam Natal dan Tahun Baru Pelabuhan Pangkalbalam, AKP Sudarman mengatakan memperketat pengamanan posko menjelang pergantian malam tahun baru nanti.

"Kita akan lebih memperketat pengamanan untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang akan mengganggu keamanan, kenyamanan dan ketertiban calon penumpang kapal laut," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017