Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan 1.200 ton beras jenis medium dengan harga Rp9.000 per kilogram untuk menstabilkan harga kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Pemprov bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan Bulog mengeluarkan beras medium agar masyarakat kalangan menengah ke bawah dapat membeli beras dengan harga terjangkau," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah usai melepas 1.200 ton beras medium di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, sebanyak 1.200 ton beras medium ini akan disalurkan seluruh pasar tradisional di Pulau Bangka 500 ton dan Belitung 700 ton, sehingga masyarakat dapat mudah mengakses dan membeli beras murah tersebut.

"Beras murah ini akan kita kawal hingga sampai ke masyarakat, guna memastikan bahwa masyarakat membeli beras medium ini tidak lebih dari Rp9.000 per kilogram," ujarnya.

Abdul Fatah mengatakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Bulog menyediakan beras medium dengan harga di bawah HET Rp9.900 per kilogram. Bulog menjual ke distributor dengan harga Rp8.000 dan distributor menjual ke pengecer Rp8.300, selanjutnya pengecer menjual ke masyarakat tidak lebih dari Rp9.000 sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Ia memastikan 1.200 ton beras medium ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 31 Januari. Jika permintaan masyarakat masih tinggi, maka pemprov akan melakukan penambahan stok dengan berkoordinasi bersama Bulog.

"Kita akan tetap upayakan stok tersedia sehingga harga beras stabil hingga memasuki musim panen padi petani," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018