Sungailiat (Antaranews Babel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat di daerah itu untuk mewujudkan Progam Gerakan Masyarakat Sehat.

"Program Garakan Masyarakat Sehat (Germas) merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI yang didukung oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti di Sungailiat, Jumat.

Ia mengatakan sosialisasi program ini dilakukan secara berkelanjutan keseluruh lapisan masyarakat baik di perkotaan sampai masyarakat perdesaan.

"Seluruh lapisan masyarakat baik diperkotaan dan pedesaan menjadi sasaran program karena gerakan masyarakat sehat menjadi kebutuhan utama masyarakat diseluruh wilayah," jelasnya.

Pihaknya melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk turut membantu mensosialisasikan kemasyarakat luas agar segera diterapkan.

"Masing-masing OPD selain membantu mensosialisasikan, juga sudah menerapkan kegiatan Jumat bersih di lingkungan kantor masing-masing," ujarnya.

Menurutnya, gerakan program ini dimulai dari penanaman prilaku hidup dengan beraktivitas rutin dan benar, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak minum minuman keras, dan memeriksa kesehatan secara rutin serta membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

"Prinsipnya program ini menekankan masyarakat mewujudkan dan membudayakan hidup sehat supaya mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat," jelasnya.

Melalui program ini dia berharap dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018