Sungailiat (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui lembaga Satpol PP setempat menyiapkan 1.168 petugas perlindungan masyarakat (linmas) guna membantu TNI dan Polri dalam pengamanan Pilkada 2018.

"Kami sudah menyiapkan sebanyak 1.168 orang linmas untuk membantu pihak kepolisian berwajib lainnya dalam pengamanan pelaksanaan pencoblosan pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati 2018," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka, Dalyam Amri di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, petugas linmas tersebut akan disebarkan seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di delapan kecamatan atau di 62 desa lebih dengan 500 lebih TPS.

"Linmas mempunyai tugas melaksanakan kegiatan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau kelurahan," katanya.

Linmas merupakan wujud tanggung jawab dan peran serta segenap warga negara terhadap keselamatan umum masyarakat lingkungannya.

"Teknis di lapangan nantinya, personel linmas akan membantu dalam pengamanan di masing-masing TPS mulai dari awal sampai perhitungan surat suara di TPS," katanya.

Pihaknya dalam membantu pengamanan pelaksanaan pilkada 2018, akan menerjunkan sejumlah personel Satpol PP untuk membantu TNI dan Polri dalam pengamanan.

"Kami imbau seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan guna kelancaran pelaksanaan pilkada 2018," katanya.

Pewarta: Dwi Haryoto p.

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018