Sungailiat  (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerapkan sistem pencocokan dan penelitian dalam melaksanakan pemuktahiran data pemilih.

Ketua KPUD Kabupaten Bangka, Zulkarnain di Sungailiat, Kamis mengatakan, pencocokan dan penelitian (coklit) yang benar adalah dilakukan dengan mendatangi dari rumah ke rumah (door to door).

"Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) akan berkunjung ke rumah warga secara `door to door` untuk melakukan coklit data pemilih tetap (DPT) terakhir hasil sinkronisasi dengan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4)," katanya.

Dikatakan, kegiatan coklit dilakukan secara serentak selama satu bulan terhitung mulai 20 Januari sampai 20 Februari 2018 dan diharapkan masyarakat yang dikunjungi petugas PPDP untuk memberikan data yang benar.

"Untuk memaksimalkan kegiatan coklit, kami telah menerjunkan sebanyak 748 petugas PPDP untuk mendatangi rumah warga untuk melakukan pendataan," katanya.

Untuk teknis di lapangan pelaksanaan kegiatan coklit, petugas PPDP yang diterjunkan akan didampingi oleh panitia pemungutan kecamatan dan panitia pemungutan suara," katanya.

"Saya minta warga menerima PPDP secara koperatif supaya pemuktahiran data ini sukses sesuai jadwal yang sudah ditetapkan KPU RI," katanya.

Diimbau seluruh masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk menyampaikan hak suaranya memilih calon bupati dan wakilnya sesuai dengan hati nuraninya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018