Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoperasikan 14 unit bus perintis guna memudahkan masyarakat mendapatkan layanan angkutan ke daerah terpencil yang belum tersedia transportasi umum.

"Diharapkan bus perintis ini dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat di daerah-daerah terpencil," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel KA Tajuddin di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan pengoperasian 14 bus perintis ini bekerja sama dengan PT Damri guna memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau kepada masyarakat.

"Selama ini masyarakat di daerah yang belum memiliki layanan angkutan umum hanya menggunakan truk ataupun transportasi lainnya yang kurang nyaman untuk berpergian ke kota," ujarnya.

Tajuddin mengatakan sebanyak 14 unit bus perintis Damri ini akan disebar di Pulau Bangka 10 unit dan Pulau Belitung sebanyak empat unit.

"Bus perintis ini dilengkapi fasilitas AC dan nonAC dengan harga yang ditetapkan sama dan terjangkau. Misalnya tarif dari Pangkalpinang ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Ir Soekarno di Air Anyer Kabupaten Bangka hanya Rp5.000 per orang," katanya.

Menurut dia dengan adanya bus perintis ini juga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata yang belum tersedia layanan transportasi umum.

"Tahun depan kita akan tambah bus dan trayek angkutan umum ini, agar masyarakat dan wisatawan mudah mendapatkan layanan transportasi," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018